Selasa, 19 Januari 2021

Penjelasan source code program java

 1. VARIABEL

public class variabel{

 public static void main(String [] args){

  String nama="hairul";

  int umur=18;

  String jk="laki-laki";

  double tinggi=165.5;

  System.out.println("Nama : "+nama);

  System.out.println("Jenis Kelamin : "+jk);

  System.out.print("umur : "+umur);

  System.out.print("dan Tinggi "+tinggi+"cm");

  }

}

2. VARIABEL 1

/**

* Program ke 2

* membaut variabel

* Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

* kelas: <<TIF 1A>>

*/

 public class variabel1{//nama variabel

 public static void main(String args[]){//method utama

 //data yang akan digunakan

 String nama="nama anda";//membuat variabel nama bertipe String dan diberi nilai/value;

 int umur=18;

 /* membuat variabel umur bertipe integer dan

 diberi nilai value */

 String jk="Laki-laki";

 /*membuat variabel jk bertipe String dan

 diberi nilai/value*/

 double tinggi=165;

 /*membuat variabel tinggi bertipe double dan

 diberi nilai/value*/

 //Proses Menampilkan ke Monitor

 System.out.println("Nama : "+nama);

 /*menampilkan ke monitor Nama : dan

 menggabung dengan value dari variabel nama

 dan membuat karakter enter*/

 System.out.println("Jenis Kelamin : "+jk);

 /*menampilkan ke monitor Jenis Kelamin : dan

 menggabung dengan value dari variabel jk dan

 membuat karakter enter*/

 System.out.print("umur : "+umur);

 /*menampilkan ke monitor umur : dan

 menggabung dengan value dari

 variabel umur tanpa enter*/

 System.out.print("dan Tinggi"+tinggi+"cm");

 /*menampilkan ke monitor dan tinggi

 kemudian menggabung dengan

 value dari variabel tinggi

 dan membuat karakter enter*/

     }//tutup method utama

 }//tutup kelas

3. LINGKARAN 1

/**

 * Program ke 3

 * membuat lingkaran

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

*/

public class lingkaran1{

 public static void main(String [] args){

  // Menyiapkan variabel yang dibutuhkan

 double luas,pi;

 int r;

 // Memberi nilai/value kepada variabel

 pi=3.14;

 r=14;

 // Melakukan perhitungan luas sesuai rumus matematika

 luas=pi*r;

 //menampilkan ke monitor

 System.out.println(luas);

    }

}

4. CONTOH OPERATOR

/**

 * Program ke 4

 * contoh operator

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

 */

class contohoperator{

 public static void main(String args[]){

  int x=10;

  System.out.println(x++);//10 (11)

  System.out.println(++x);//12

  System.out.println(x--);//12 (11)

  System.out.println(--x);//10

      }

}

5. OPERATOR UNARY

/**

 * Program ke 5

 * contoh operator

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

*/

class OperatorUnary{

 public static void main(String args[]){

  int a=10;

  int b=10;

  System.out.println(a++ + ++a);//10+12=22

  System.out.println(b++ + b++);//10+11=21

      }

}

6. OPERATOR UNARY2

/**

 * Program ke 6

 * contoh operator

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

 */

class OperatorUnary2{

 public static void main(String args[]){

  int a=10;

  int b=-10;

  boolean c=true;

  boolean d=false;

  System.out.println(~a);//-11 (total minus bernilai positive dimulai dari 0)

  System.out.println(~b);//9 (positive of total minus, positive starts from 0)

  System.out.println(!c);//false (opposite of boolean value)

  System.out.println(!d);//true

      }

}

7. OPERATOR ARITMATIK

/**

 * Program ke 7

 * contoh operator

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

 */

class OperatorAritmatik{

 public static void main(String args[]){

  int a=10;

  int b=5;

  System.out.println(a+b);//15

  System.out.println(a-b);//5

  System.out.println(a*b);//50

  System.out.println(a/b);//2

  System.out.println(a%b);//0

      }

}

8. OPERATOR ARITMATIK2

/**

 * Program ke 8

 * contoh operator

 * Nama : <<HAIRUL RAMBE>>

 * kelas: <<TIF 1A>>

 */

class OperatorAritmatik2{

 public static void main(String args[]){

  System.out.println(10*10/5+3-1*4/2);

      }

}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar