Senin, 06 September 2021

Network programming

Selasa 7 September 2021

Hairul Rambe


     Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, sebuah aplikasi di suatu komputer dapat Tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan.

     Hampir semua sistem operasi menyediakan application programming interface (API) yang memungkinkan sebuah aplikasi komputer mengkontrol dan menggunakan socket jaringan komputer. API socket internet biasanya berdasarkan pada standar berkeley sockets.

     Socket programming adalah pemrograman yang menggunakan socket. Socket ini semacam terowongan/tunnel yang bisa dipakai untuk komunikasi/pertukaran arah secara bolak-balik. Dengan socket programming, komunikasi dapat terjalin antara bahasa pemrograman yang berbeda, antara tingkatan user yang berbeda, bahkan antar komputer yang berbeda atau gabungan ketiganya.

     Berikut penjelasan dari tiap baris Source code :

1.  Source Code Class MyServer.java 

import java.io.*; //untuk menampilkan data kepada pengguna

import java.net.*; //digunakan dalam membuat suatu komunikasi jaringan dalam sebuah prgram yang dibuat dengan bahasa pemograman java

public class MyServer { //berguna untuk memberikan nama class dari suatu kodingan

public static void main(String[] args){ // method utama untuk menjalankan program

try{ //blok yang digunakan untuk menempatkan kode-kode program Java yang memungkinkan terjadinya exception

ServerSocket ss=new ServerSocket(6666); //Server menginstansiasi sebuah object ServerSocket, beserta port number yang digunakan untuk komunikasi.

Socket s=ss.accept();//Server memanggil method accept() dari ServerSocket class. Method ini menunggu hingga client terhubung dengan server pada port yang digunakan.

DataInputStream dis=new DataInputStream(s.getInputStream()); //merupakan class inputan di program java untuk menerima masukkan dari user yang kemudian diikuti oleh variabel penampung seluruh intput.

String str=(String)dis.readUTF(); //metode membaca dalam string yang telah dikodekan menggunakan for,at UTF-8 yang dimodifikasi. String karakter didekode dari UTF dan dikembalikan sebagai String.

System.out.println("message= "+str); //pada perintah ini untuk menampilkan pesan yang telah di buat sebelumnya.

ss.close(); ////Metode ini untuk menutup soket

}catch(Exception e){System.out.println(e);} //digunakan untuk menangkap kesalahan yang terjadi pada blok try

} // penutup dari seluruh program nya

}  // penutup dari seluruh program nya

2. Penjelasan source code MyClient.java

import java.io.*;  //untuk menampilkan data kepada pengguna

import java.net.*; //digunakan dalam membuat suatu komunikasi jaringan dalam sebuah prgram yang dibuat dengan bahasa pemograman java

public class MyClient {  //berguna untuk memberikan nama class dari suatu kodingan

public static void main(String[] args) { // method utama untuk menjalankan program

try{ //blok yang digunakan untuk menempatkan kode-kode program Java yang memungkinkan terjadinya exception

Socket s=new Socket("localhost",6666); //Server memanggil method accept() dari ServerSocket class. Method ini menunggu hingga client terhubung dengan server pada port yang digunakan.

DataOutputStream dout=new // digunakan untuk banyak hal yang anda baca

DataOutputStream(s.getOutputStream()); // digunakan untuk banyak hal yang anda baca

dout.writeUTF("Hello Server"); //untuk menampilkan tulisan dari Hello Sever

dout.flush(); //Mengosongkan aliran keluaran dan memaksa semua byte keluaran yang di-buffer untuk ditulis

dout.close(); //digunakan untuk keluar dari sistem client yang telah di jalankan sebelumnya.

s.close();  //Metode ini untuk menutup soket

}catch(Exception e){System.out.println(e);} //digunakan untuk menangkap kesalahan yang terjadi pada blok try

} // penutup dari seluruh program nya

} // penutup dari seluruh program nya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar